© 2016 by Mercury Media Group

Follow us on

  • White Facebook Icon
  • White Twitter Icon
  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon

Official media partner of

Please reload

September 30, 2017

September 30, 2017

Please reload

Recent Posts

Efektivitas penggunaan media luar ruangan

July 4, 2017

 

 

Pengguna jalan semakin hari semakin banyak, ini merupakan peluang bagi pengiklan untuk menggunakan media luar ruangan dalam beriklan, seperti billboard, bando, megatron, baliho, dll. Media luar ruangan yang tersebar dibeberapa jalan besar menunjukan efektivitas dalam penggunannya, diantaranya sebagai berikut:

 

1. Jangkauan

Media ini bersifat lokal, yang berarti menjangkau hanya di sekitar media tersebut dipasang. Sering kali orang yang berpergian hanya akan melewati satu jalan saja dan tidak mengganti rute jalan yang lain jika tidak ada gangguan.

 

2. Frekuensi

Frekuensi merupakan pengulangan terhadap pesan iklan yang disasarkan pada khalayak yang sudah mulai dilupakan. Melalui media luar ruangan, frekuensi berubah menjadi repetisi yang berarti pengulangan dalam melihat pesan yang sama saat khalayak masih ingat dengan pesan iklan tersebut.

 

3. Kontinuitas

Adanya kesinambungan antara media dan pesan iklan yang sesuai dengan strategi periklanan. Yang dimaksudkan adalah letak lokasi media tersebut terpasang yang sesuai dengan sasaran iklan dan bersifat berkelanjutan.

 

4. Ukuran

Papan reklame mempunyai ukuran yang besar sehingga dapat tampil mencolok dan tiba-tiba. Dengan besarnya papan ukuran itu dapat membuat khalayak yakin dengan brand yang beriklan sehingga brand tersebut dapat terlihat bonafide.

 

5. Warna

Dalam media luar ruangan, penataan warna sangat dituntut oleh suasana dan isi pesan yang disampaikan. Dengan penataan warna yang tepat dapat memberikan dampak smash impact yang kuat. Media dengan jenis ini berguna dalam pengenalan produk baru.

 

6. Pengaruh

Pada media luar ruangan pesan harus disampaikan dengan sangat kreatif, berisikan pesan yang singkat dan mudah dibaca, karena orang yang berkendara tidak memiliki banyak waktu untuk membaca sehingga harus menampilkan pesan dan warna yang tepat untuk membantuk khalayak untuk mengingat.

 

 

 

 

Source : Kasali, Rhenald. 1995. Manajemen Periklanan. Jakarta: Grafiti.

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Follow Us
Search By Tags
Please reload

Archive
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Instagram Social Icon