© 2016 by Mercury Media Group

Follow us on

  • White Facebook Icon
  • White Twitter Icon
  • White Instagram Icon
  • White YouTube Icon

Official media partner of

Please reload

September 30, 2017

September 30, 2017

Please reload

Recent Posts

Bagaimana Radio Dapat Mendorong Bisnis Anda?

July 4, 2017

 

Iklan radio dapat memberikan peluang untuk mengirim pesan yang simple namun memiliki kekuatan dalam mencapai target konsumen yang mungkin tertarik pada produk atau jasa yang dijual. Anda dapat menulis dan memproduksi iklan anda sendiri dan mengidentifikasi radio mana yang paling cocok dengan target market produk anda.

 

Seberapa besar biaya iklan di radio?

Radio memilki biaya berdasarkan spot selama 15/30/60 detik dan akan bergantung pada frekuensi dan waktu iklan tersebut disiarkan. Pagi dan sore merupakan waktu yang harganya lebih mahal dari pada tengah hari atau tengah malam, karena banyak pengendara mobil dijalan yang mendengarkan radio selama perjalanan mereka. Dalam produksi iklan, radio memerlukan biaya tambahan selain biaya pembuatan spot, diantaranya seperti biaya backsound musik, efek dan penggunaan suara yang professional atau amatir. Hal tersebut  juga menentukan besarnya biaya produksi iklan di radio.

 

Radio mana yang harus dipilih?

Memilih radio harus sesuai dengan target market dari produk tersebut. Hal ini dapat dilihat dari profil pendengar sebuah radio. Siapa pendengarnya, berapa umurnya, apa jenis kelaminnya, dan masih banyak hal lain yang bisa dilihat dari profil pendengar sebuah radio. Memastikan komunikasi tentang keunggulan produk yang ingin brand sampaikan pada pendengar, sehingga pendengar dapat mengidentifikasi dengan baik informasi yang telah di terima.

 

Anda tidak membeli iklan, anda membeli audiens.

Radio menjual waktu dan akses menuju pasar. Kunci dari radio adalah format, tipe program dan bagaimana gaya dari penyiarnya. Format dari sebuah radio akan menentukan profil dari pendengar yang akan mendengarkan radio tersebut.

 

Membeli waktu radio: pilih waktu yang akan anda beli.

Radio merancang programnya untuk menarik perhatian pendengar, dan menjual database pendengarnya pada pengiklan. Radio punya rata-rata 18 menit perjam untuk mengiklankan sebuah produk. Namun tidak semua waktu memiliki nilai yang sama.

 

Pembagian waktunya tidak berdasarkan jam namun berdasarkan pembagian hari :

Jam 6 sampai 10 pagi, merupakan jam dimana banyak orang mengemudi kendaraan, banyak pendengar yang siap menerima berita harian dan berita mengenai produk dengan baik.

Jam 10 pagi hingga 3 sore, merupakan jam tengah hari. Pendengar pada jam ini biasanya mendengarkan radio disela waktu mereka bekerja dan kebiasaan pendengar pada jam ini dapat diprediksi. Saat anda beriklan secara berulang pada jam ini, anda akan membangun kesadaran dengan cepat pada pendengar.

Jam 3 sore hingga 7 malam, merupakan jam mengemudi. Jumlah pendengarnya akan sama dengan jumlah pendengar di pagi hari. Pada jam ini kebanyakan pendengar akan mendengarkan radio untuk mencari mood mereka.

Pendengar diatas jam 7 malam hingga jam 6 pagi merupakan pendengar yang loyal fanatik. Pendengar ini akan memilih mendengarkan radio dibandingkan televisi.

Jumlah pendengar radio menurun ketika para pendengarnya sudah tiba dirumah, karena terjadi pergantian media yang dikonsumsi. Maka dari itu, sangat penting bagi pengiklan untuk menaruh perhatian khusus pada jam padat konsumsi radio.

 

Membuat skrip iklan radio.

Anda dapat membuat skrip iklan anda sendiri atau meminta agensi dan radio yang membuatnya. Ada beberapa hal yang harus dipastikan dalam pembuatan iklan, diantaranya adalah:

  • Menarik perhatian

  • Memberikan satu atau dua kalimat yang mudah mempengaruhi orang untuk membeli produk atau jasa.

  • Memiliki panggilan untuk melakukan tindakan.

  • Memperjelas lokasi toko untuk dikunjungi, informasi mengenai website, dan nomor telepon yang dapat dihubungi.

  • Memiliki banyak pengulangan

 

https://businesstown.com/articles/the-secrets-to-effective-radio-advertising/

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

Follow Us
Search By Tags
Please reload

Archive
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
  • Instagram Social Icon