top of page

Langkah mendapatkan media partner yang sesuai dengan event.



Dalam mengadakan sebuah event akan sangat diperlukan melakukan kerja sama yang saling menguntungkan dengan menggandeng media partner. Media partnership merupakan kerjasama antara penyelenggara acara dengan berbagai media. Dengan adanya media partner, sebuah event dapat diuntungkan karena secara tidak langsung kredibilitas dan publikasi dari event tersebut akan meningkat sehingga banyak orang akan datang ke event tersebut.


Pilih media partner yang cocok dengan acara yang diadakan.

Ada berbagai media yang ada dapat bekerjasama sebagai media partner dalam sebuah event, seperti media digital, media cetak dan media elektronik. Setiap media memiliki konsumennya sendiri yang harus disesuaikan dengan event yang akan diselenggarakan. Audience yang sesuai, dapat menaikkan jumlah pengunjung event.


Mulai mempersiapkan anggaran dengan bijak.

Mempersiapkan anggaran untuk bekerjasama dengan media sangatlah diperlukan, karena tidak semua media dapat bekerja sama secara cuma-cuma. Namun jika anggaran media kalian hanya sedikit dapat juga melakukan kerja sama dengan media digital dan media online yang sering kali menawarkan media partner secara cuma-cuma.


Buat proposal sebelum melakukan kerjasama.

Buatlah proposal yang dapat menarik pihak media partner untuk bekerja sama. Pihak media akan melihat proposal dan mempertimbangkan bagaimana skala acara tersebut, semakin besar skalanya akan semakin dipertimbangkan. Anda tidak dapat memberikan proposal secara mendadak, proposal harus diberikan pada calon media partner jauh sebelum acara diselenggarakan, hal tersebut akan memberikan nilai plus bahwa pihak penyelenggara sudah mempersiapkan acara dengan matang. Agar permohonan kerjasama disetujui buatlah penawaran yang menguntungkan dua belah pihak. Penawaran tersebut nilainya harus sama dengan apa yang diinginkan dan diberikan oleh media partner.


Lakukan follow up dengan pihak media partner.

Sebagai orang yang mengajukan penawaran pada media partner anda tidak bisa hanya menunggu saja, jadilah lebih aktif untuk follow up agar kerja sama tersebut dapat terwujud. Pada saat anda menyerahkan proposal mintalah kontak yang bisa dihubungi untuk follow up lebih lanjut. Pihak media partner pasti akan lebih mempertimbangkan pihak penyelenggara yang aktif dan memiliki sikap yang bersahabat.


Buat surat perjanjian kerjasama (MoU).

Setelah adanya kesepakatan dengan pihak media partner, perlu dibuat surat perjanjian kerja sama. Dalam surat perjanjian kerja sama harus disertakan poin-poin kesepakatan secara jelas dan ringkas dari dua belah pihak. Hal ini perlu dilakukan agar dikemudian hari tidak muncul kesalahpahaman dalam menjalin kerjasama.


Source:

455 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page