top of page

Apa Itu Event Periklanan?


Event periklanan dapat disebut juga event pemasaran atau event sponsorship, yang merupakan keterlibatan brand dalam penyelenggaraan sebuah event. Event yang diselenggarakan dapat berupa kegiatan olahraga, konser dan kegiatan kebudayaan. Hal ini diadakan untuk mempromosikan suatu brand atau perusahaan pada konsumen dan semua pihak yang tertarik. Biasanya dalam event marketing, perusahaan akan membayar sejumlah uang untuk melibatkan brand tersebut dalam penyelenggaraan event, sehingga nama eventnya dapat dirancang sesuai dengan keingian perusahaan.


Event marketing merupakan bentuk lain dari periklanan yang memiliki tujuan komersil, dengan menaikkan brand atau kesadaran akan nama perusaan. Event seperti ini dapat ditetapkan sebagai event untuk menaikkan loyalitas konsumen dan menaikkan citra brand. Event marketing juga dapat menjangkau pengunjung yang luas. Seringkali nama sponsor muncul di media ketika event dipublikasikan. Seperti event olaharaga yang diadakan dengan sponsor beberapa brand yang terpasang di lapangan dan dapat dilihat oleh penonton yang datang serta penonton dari televisi. Penonton sekunder dapat menjadi lebih penting dari pada penonton primer. Karena penonton sekunder dapat terpengaruh dengan brand yang terpasang disekitar lokasi kompetisi olahraga.


Dalam event marketing memerlukan humas untuk membangun kesan yang ingin ditampilkan oleh perusahaaan, kesan ini ditujukan pada pemegang saham, karyawan dan konsumen. Perusahaan akan melakukan evaluasi terhadap dampak sponsor disuatu event. Hal tersebut dapat dinilai dari jumlah kehadiran pengunjung, media yang meliput dan publikasi event tersebut.





360 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page